Selasa, 04 Februari 2020

GORONTALO


Semboyan: Aadati hula-hula'a to Sara'a, Sara'a hula-hula'a to Kuru'ani (Adat bersendikan Syara', Syara' bersendikan Al-Quran)

HALOO GAISSS. Jadi kali ini aku bakal ngejelasin sedikit tentang Gorontalo. Soooo, ayo kita mulai...

Gorontalo adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember, 2000 dan memiliki Ibu kota provinsi bernama sama yaitu, Kota Gorontalo. Sama halnya dengan ibu kotanya, Provinsi Gorontalo terkenal dengan julukan "Serambi Madinah"


Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.166.142 jiwa (2018), dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0.91%.

Pemimpin Gorontalo saat ini Ruslie Habibie.

Wisata Alam:

Provinsi Gorontalo sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan provinsi ini. Panorama Pegunungan Gorontalo sangat menakjubkan. Gunung-gunung dan hutan adalah rumah-rumah bagi flora dan fauna unik. Dan yang paling terkenal ada Bukit Layang Gorontalo, dan Masjid Walima Emas Gorontalo.

Bukit Layang Gorontalo (google)

Wisata Budaya

Tari seronde merupakan tarian adat Gorontalo yang dilakukan pada malam pertunangan dalam rangkaian upacara perkawinan adat masyarakat Gorontalo. Tari Seronde ini juga dapat kamu saksikan di pagelaran lain di Gorontalo.

Tari Serapen (google)

Wisata Buatan

Benteng Otanaha ini mempunyai cerita sejarah pada zaman kerajaan terdahulu. Benteng ini dibangun kerajaan Gorontalo untuk menahan serangan musuh.
Benteng Otanaha (google)

OLEH-OLEH KHAS GORONTALO


1. KAIN KAWARO


2. KUE KARAWO GORONTALO


3. DUDULI GORONTALO



Hal yang harus kalian lakukan di Gorontalo udah jelas kalian harus mengunjungi destinasi wisata yang aku sebutin tadi. Dan jangan lupa untuk jajan oleh-oleh khas Gorontalo ya guyss. 

Segitu aja dari aku. Maaf kalau ada salah kata, sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar